Sinergi BPPD dan Kadin Kota Bogor Hadirkan Peluang Wisata Baru Lewat HOTAS 2025

banner 468x60

Bogor,Kabarpakuan.id – Upaya penguatan kerja sama pariwisata antara Indonesia dan Malaysia semakin nyata melalui peluncuran Homestay Tourism Showcase (HOTAS) 2025, sebuah kampanye promosi pariwisata besar-besaran yang diinisiasi oleh Persatuan Pengusaha Homestay Malaysia (PPHM) dan Tourism Malaysia.

Uniknya, kegiatan ini turut menggandeng Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kota Bogor serta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Bogor, memperkuat kolaborasi lintas negara di sektor pariwisata.

Acara ini berlangsung meriah di Lantai 2 Botani Square Mall, Kota Bogor, pada Jumat, 27 Juni 2025.

Kota Bogor menjadi salah satu dari tiga kota di Indonesia yang disambangi rangkaian acara HOTAS 2025, selain Jakarta dan Pekanbaru.

Kolaborasi Strategis untuk Tingkatkan Daya Saing Wisata

Ketua BPPD Kota Bogor, Jamalludin, menyambut baik kolaborasi ini sebagai langkah positif dalam mendorong peningkatan sektor pariwisata lokal dan mempererat hubungan dengan negara tetangga Malaysia.

“Kehadiran HOTAS 2025 di Kota Bogor adalah momen strategis untuk membangun kerja sama wisata dua arah. Ini bukan hanya soal pertukaran budaya dan destinasi, tapi juga potensi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui kunjungan wisatawan dan pengembangan ekonomi kreatif,” ujar Jamalludin pada Jum’at (27/6).

Menurutnya, kegiatan ini bisa menjadi pintu masuk untuk mengundang wisatawan Malaysia menjelajah berbagai potensi wisata unggulan di Bogor, seperti agrowisata, wisata alam, kuliner tradisional, dan budaya Sunda.

Dukungan Dunia Usaha Lewat Kadin Kota Bogor

Senada dengan itu, Ketua Kadin Kota Bogor, Maryati Dona Hasanah, menegaskan pentingnya dukungan dari dunia usaha terhadap kolaborasi ini.

“Sebagai lembaga yang menaungi pelaku usaha, Kadin sangat mengapresiasi kehadiran HOTAS 2025. Ini harus kita dukung bersama karena akan membuka peluang bisnis, investasi, dan kerja sama sektor pariwisata yang lebih luas,” ungkap Maryati.

Ia juga berharap kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang promosi sesaat, tapi juga melahirkan konektivitas berkelanjutan antara pelaku industri wisata Malaysia dan Indonesia, khususnya di tingkat daerah seperti Bogor.

HOTAS 2025 membawa misi mempromosikan program homestay komunitas di lebih dari 200 desa wisata di Malaysia yang menawarkan pengalaman budaya, kehidupan desa, kuliner autentik, dan petualangan berbasis ekowisata.

Acara ini menampilkan lebih dari 90 paket wisata tematik yang dipasarkan khusus untuk wisatawan Indonesia.

Selama kegiatan, pengunjung disuguhi beragam pertunjukan seni budaya Malaysia, demo kerajinan batik dan rotan oleh artisan lokal.

Program ini merupakan bagian dari promosi Tahun Melawat Malaysia 2026 (VMY2026) dan Tahun Homestay 2025, dengan tema “Malaysia Destinasi Lestari, Kepelbagaian Budaya, Keindahan Alam Yuk Jelajah Bersama Kami.”

(Hery)

banner 300x250

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *